Tuesday, March 27, 2018

kosa kata dan ungkapan dasar dalam bahasa Ibrani (Israel)

Kosa kata dan ungkapan dasar dalam bahasa ibrani (Israel)



Assalamualaykum warahmatullahi wabarokatuh…
Di sini, saya menuliskan beberapa istilah-istilah dalam bahasa Ibrani, dan kata-kata dasar dalam bahasa Ibrani.

Me’anyein meod= sangat menarik
Naxon meod= tepat!
Be’emet?= sungguh?
Lexama zeman?= untuk berapa lama?
Beratzon!= yakin!
Kamuvan= tentu saja
Ketzat mukdan= sedikit pagi
Bediyuk!= tepat!
Yofi!= bagus!
Be’etsem= sebenarnya
Beseder= baiklah
Lamrot she= meskipun
Tamiid= selalu
Shemii= nama saya
Matay= kapan/ketika
Machar= besok
Achsaiv= sekarang
Etmol= kemarin
Mabsut mi= senang dengan
Mah= apakah
Eifo= dimana
Mii= siapa
Lamah= mengapa
Qetsat= sedikit
Qal-kakh= begitu
Im= jika
Ki= karena
Im kii= meskipun
Acharei she-= setelah
Meaz= sejak
Kakh she-= sehingga
Kemo she-= seperti
Lifnei= sebelum
Zot= ini
Tsariikh= itu perlu
Shum davar= tidak ada
Af fa’am= tidak pernah
Me’olam= tidak pernah
Barur= jelas
batukha= yakin


Demikian pemaparan dari blog saya, semoga bisa membantu para pembaca. Mohon maaf jika ada kekurangan, saya (penulis) tentunya sangat menerima saran dan kritik yang membangun sehingga tulisan-tulisan saya bisa lebih diperbaiki dan diperbaharui dengan baik. Terima kasih…
Ditulis oleh: Fauji Imamul Arifin


Wassalamualaykum warahmatullahi wabarokatuh…

No comments:

Post a Comment

Persamaan Bahasa Arab dengan Bahasa Indonesia

Persamaan Bahasa Arab dengan Bahasa Indonesia           Banyak dari kosakata bahasa Indonesia yang merupakan hasil serapan dari...