Tuesday, September 26, 2017

Huruf-huruf pada Bahasa Ibrani dasar beserta contohnya

Huruf Israel 
Bahasa Israel ditulis dan dibaca dari kanan ke kiri sama halnya dengan bahasa Arab.
.

1. Alef (א)= dibaca "A" atau terkadang tidak dibaca,contoh: היא(hii), אחד(Achad)=satu.
2. Bet (ב)=dibaca "B" atau "V"
3. Gimmel(ג)=dibaca "G"
4. Dalet(ד)=dibaca "D"
5. He(ה)=dibaca"H"
6. Vav(ו)=dibaca"V" jika digunakan sebagai konsonan,jika digunakan sebagai vokal dibaca "U" atau"O". Contoh: סוס(Sus)=kuda, ואני(Va-anii)=dengan saya, טוב(Tov)=baik.
7. Zayin(ז)=dibaca "Z"
8. Chet(ח)=dibaca "Ch" seperti " " dalam bahasa Arab atau suara "R" dalam bahasa Perancis.
9. Tet(ט)=dibaca"T"
10. Yod(י)=dibaca"Y" jika digunakan sebagai konsonan dan jika digunakan sebagai vokal dibaca "i" atau "E",contoh: ישראל(Yisrael), אני(Anii)=Saya.
11. Kaf(כ,ך)=dibaca"K" atau"Kh"(seperti bunyi "ח"), terdapat dua huruf;huruf "כ"digunakan di awal/ditengah kata, huruf"ך"digunakan di akhir kata, contoh: מלך(melek)=raja
12. Lamed(ל)=dibaca "L"
13. Mem(מ,ם)=dibaca "M". terdapat dua huruf;huruf "מ"digunakan di awal/ditengah kata, huruf"ם"digunakan di akhir kata, contoh: מים(mayim)=air
14. Nun(נ,ן)=dibaca"N".terdapat dua huruf;huruf "נ"digunakan di awal/ditengah kata, huruf"ן"digunakan di akhir kata, contoh:בינ(Bein)=diantara.
15. Samech(ס)=dibaca"S"
16. Oyin(ע)=dibaca" 'A"
17. Pe(פ,ף)=dibaca "P"/"F".terdapat dua huruf;huruf "פ"digunakan di awal/ditengah kata, huruf"ף"digunakan di akhir kata, contoh:סוף(Sof)=Akhir itu.
18. Tsade(צ,ץ)=dibaca "Tz".terdapat dua huruf;huruf "צ"digunakan di awal/ditengah kata, huruf"ץ"digunakan di akhir kata, contoh:צדה=Tsase.
19. Qup(ק)=dibaca"K"
20. Resh(ר)=dibaca"R"
21. Shin(ש)=dibaca"Sh"/"S"
22. Tav(ת)=dibaca"T"
23. Tidak terdapat huruf"C","J","W","X",di dlm b. Israel.
.
Di kitab Israel(Torah), huruf-hurufnya diberi tanda baca,seperti titik,untuk memudahkan dalam membaca.Untuk penutur Ibrani asli tidak menggunakan tanda baca seperti orang Arab menggunakan huruf2 arab gundul. Utk sistem vokalisasi yg menggunakan tanda baca,ada sistem "titik dages",sebagai penanda huruf awal dan penanda huruf ganda.

No comments:

Post a Comment

Persamaan Bahasa Arab dengan Bahasa Indonesia

Persamaan Bahasa Arab dengan Bahasa Indonesia           Banyak dari kosakata bahasa Indonesia yang merupakan hasil serapan dari...