Tuesday, September 5, 2017

grammar bahasa Persia dasar Membahas Kata Kerja (Verb)

Part 05








kata kerja (Verb)
A. kt. kerja terdiri dari dua:
1.kt.kerja long infinitive: berakhiran..-dan atau..-tan, akhiranya dibunyikan dengan tinggi.
contoh:"davidan (davi+dan)"=berlari,"xāndan (xān+dan)"=membaca.
kata kerja jenis ini memiliki direct object (objek langsung) yg diikuti sistem ezāfe. contoh:"barāye xāndane ruznāme vaqt nadāram"(saya tidak punya waktu membaca koran).
.
2.short infinitive: sama dengan long infinitive tapi bagian"-an" dibelakangnya dihilangkan. contoh:
-xānd~(xānd-an)=membaca
-david~(david-an)=berlari .
B.posisi kt.kerja: ditempatkan di kanan paling akhir.
contoh:"ketāb rā xāndam"=saya membaca buku itu.
.
C.kt.kerja, yang sesuai dengan si subjeknya.
contoh:"injā hastand"=mereka ada di sini.
.
D.kt kerja yang simple dan kt.kerja gabungan(compound verb). 1.kata kerja simple terdiri dari satu infinitive.
contoh:"fahmidan"=mengetahui
2 compound verb: terdiri dari bagian non-kata kerja & kt.kerja simple. 
contoh:"kār kardan (kār&kardan)=bekerja
.
E.subjek,komplemen, dan objek 
contoh:"ketābam injāst"=buku saya ada di sini.
1.kt kerja tanpa objek. contoh:
"injās hast"=dia ada di sini.
2.kt kerja tanpa objek,yang memiliki komplemen. contoh:"barādaram āmuzgār ast"=saudara laki2ku seorang guru.
.
3.kt.kerja yang memiliki objek langsung. 
contoh:"ānhā rā didam"=saya melihat mereka,
"nāmei nevesht"=dia menulis sebuah surat.
.
4.kt kerja dgn objek+preposisi 
contoh:"az man polidand"=mereka bertanya dari saya,
"be shomā ce dāde and?"=apa yg mereka beri untuk kalian?,
"az ānhā ce porsid?"=apa yang dia minta dari mereka?
.
Kata Kerja)
A. kt.kerja lampau:"kt.kerja lampau+"past personal endings"
.
infinitive:
-xāndan:membaca
-āmadan:datang
-koshtan:membunuh
.
past stemnya:
-xānd-
-āmad-
-kosht-

personal endings:
1.-am=saya
2.-i=kamu
3..=dia (laki/perempuan/itu)
4.-im=kita
5.-id=kalian
6.-and=mereka
.
contoh:
1.xāndam=saya membaca
2.xāndi=kamu membaca 
3.xānd=dia membaca
4.xāndim=kami membaca 
5.xāndid=kalian membaca 
6 xāndand=mereka membaca

No comments:

Post a Comment

Persamaan Bahasa Arab dengan Bahasa Indonesia

Persamaan Bahasa Arab dengan Bahasa Indonesia           Banyak dari kosakata bahasa Indonesia yang merupakan hasil serapan dari...