Tuesday, September 5, 2017

penjelasan Pronoun (kata ganti orang) pada bahasa Persia, iran

Part 04

penjelasan kata ganti orang










pronoun
1.man=saya
2.to=kamu
3.ān=itu
4.u=dia (L/P)
5.mā=kita
6.shomā=kalian
7.ishān=mereka(orang)
8.ānhā=mereka (orang/benda).
contoh:"ishān ce famudand?"=apa yang mereka katakan?
.
A. direct object pronouns.
-grup pertama, lebih umum menggunakan sufix"-rā".
1.marā(man+rā)=saya
2.torā=kamu
3.u rā=dia (L/P)
4.ān rā=itu
5.mā rā=kami/kita
6.shomā rā=kalian
7.ishān=mereka(orang)
8.ānhā rā=mereka(orang/benda)
contoh:"shomā rā nadidam"=saya tidak melihat kamu."ānhā rā nadidam"=saya tidak melihat mereka.
-grup kedua, menggunakan sufix posesif:-am,-et (-at),-esh(-ash),-emān,etān,-eshān. tidak usah menyertakan "rā".
contoh:"nadidames"=saya tidak melihat itu/dia."gereftameshān(gereftam+eshān)"=saya membawa mereka.
.
B. preposisi dengan pronoun.
-grup pertama, menggunakan subjek pronoun, (ezāfe/tanpa ezāfe)
contoh:
1.be man=untuk saya
2.az u=dari dia (L/P)
3.barāye shamā=untuk kalian
4.beine ānhā=diantara mereka
5.bā mā=dengan kita 
6.bedune shomā=tanpa kamu
7.dar ān=dalam itu
-grup kedua,menggunakan sufix posesif (-am,-et,-esh,dsb), ezāfe dihilangkan.
contoh:
*barāyam=untuk saya *ruyeshān=pada mereka *beshān=untuk dia/itu
*be jāyetān=sebelum itu *pisheshān=terhadap dia/mereka .
C. posesif pronoun, sama penggunanya dengan penekanan kepemilikan.
contoh:"māle man ast"=ini punyaku
.
D.demonstratif pronoun
1.in=ini
2.ān=itu
3.inhā=ini(banyak)
4.ānhā=itu (banyak)
contoh:"in ruznāmeye diruz ast"=ini koran kemarin

E.hamin=sama,contoh:"hamin nist"=tidak sama
.
F.xod=oneself, untuk penekanan dan refleksif.
1 penekanan
contoh:"xod (am) nemi donam"=saya sendiri, tidak tahu
2 . refleksif 
contoh:"barāye xod (esh) fekr kard"=dia berpikir untuk dirinya sendiri.
.
G.reciprocal pronoun. yakni yekdigar dan hamdigar, bisa disertai dengan sufix"-rā". contoh:"hamdigar rā dust nadāshtand"=mereka tidak saling suka.
.
H.distributif pronoun:
1.har kas (i)=setiap orang 
2.kasi=setiap orang/tidak seorang
3.hic kas=tidak seorang 
4.ba'zi hā=beberapa 
5.cizi=sesuatu/tidak sesuatu 
6.hic ciz=tidak ada

No comments:

Post a Comment

Persamaan Bahasa Arab dengan Bahasa Indonesia

Persamaan Bahasa Arab dengan Bahasa Indonesia           Banyak dari kosakata bahasa Indonesia yang merupakan hasil serapan dari...